Sabtu, 04 April 2009

Keunggulan GEO

Sistem komunikaasi satelit bergerak (mobile communications satellites) yang beroperasi sekarang ini menggunakan satelit yang beredar 36.000 km di atas permukaan bumi dan mempunyai waktu edar sekitar 24 jam. Ditambah dengan lintasan yang berimpit dengan bidang katulistiwa, dari suatu titik bumi, satelit kelihatan seolah-olah bergerak (GEO= Geostationary Earth Orbit).

Dengan sistem GEO dikembangkan :
  • Fixed Satellite Service,yang memungkinkan terjalinnya suatu hubungan komunikasi dan pertukaran informasi yang sangat handal antara dua titik, tidak peduli apakah informasi tersebut berupa suara (telepon), data maupun video (televisi). Contohnya PALAPA INTELSAT
  • Satelit Komunikasi Bergerak (Mobile Communications Satellites),yaitu digunakan untuk memberikan jasa pelayanan komunikasi bagi pemakai yang bergerrak, baik di darat, di laut, maupun di udara. Contohnya ialah INMARSAT.

Distribusi Internet via satelit, khususnya satelit di GEO, memberikan beberapa keuntungan/ keunggulan :
• Bandwidth lebar : satelit yang beroperasi pada frekuensi Ka-band (20-30 Ghz) akan dapat menyalurkan throughput dalam orde gigabit per detik.
• Relatif murah : sistem satelit relatif lebih murah karena tidak ada biaya penggelaran dan satu satelit dapat mengcover daerah yang luas.
• Topologi network sederhana : dibandingkan dengan model interkoneksi mesh pada network terestrial, satelit GEO memiliki konfigurasi yang lebih sederhana. Dengan topologi yang sederhana maka performansi network lebih mudah dikendalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar